Beranda | Artikel
Iman Kepada Allah, Beramal Shalih dan Menyebarkan Salam - Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Rabu, 4 Juni 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Iman Kepada Allah, Beramal Shalih dan Menyebarkan Salam

Iman Kepada Allah dan Beramal Shalih

Akhlak yang paling agung adalah akhlak kepada Allah, hal ini sebagaimna telah dijelaskan oleh para ulama. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah menjelaskan bahwa akhlak itu ada dua, yaitu akhlak kepada Allah dan akhlak kepada makhluk Allah. Tentu saja akhlak yang sangat bagus dan paling tinggi di sini adalah akhlak kepada Allah. Karena seeseorang yang berakhlak kepada Allah itulah yang akan memberikan kekuatan untuk bisa berkahlak kepada makhluk-makhluk Allah.

Dan hal ini bisa menarik kecintaan Allah kepada kita, dan dari keimanan kepada Allah dan amal shalih inilah akan menjadikan Allah cinta kepada hambaNya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمَنُ وُدّاً

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.” (QS Maryam [19]: 96)

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا أَحَبَّ عَبْدًا نَادَى جِبْرِيلَ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ فُلَانًا فَأَحِبَّهُ فَيُحِبُّهُ جِبْرِيلُ، فَيُنَادِي جِبْرِيلُ فِي أَهْلِ السَّمَاءِ: إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ فُلَانًا فَأَحِبُّوهُ فَيُحِبُّهُ أَهْلُ السَّمَاءِ ثُمَّ يُوضَعُ لَهُ الْقَبُولُ فِي الْأَرْضِ. (رواه البخاري)

“Jika Allah mencintai seorang hamba, maka Dia memanggil malaikat Jibril (dan berkata): “Sesungguhnya Allah mencintai orang ini maka cintailah dia!” Maka Jibrilpun mencintainya, lalu Jibril mengumumkannya kepada seluruh penduduk langit dan berkata: “Sesungguhnya Allah mencintai orang ini, maka cintai pulalah dia oleh kalian semua, maka seluruh penduduk langit pun mencintainya. Kemudian orang itu pun dicintai oleh segenap makhluk Allah di muka bumi ini.” (HR Al-Bukhari)

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Iman Kepada Allah, Beramal Shalih dan Menyebarkan Salam

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/6769-iman-kepada-allah-beramal-shalih-dan-menyebarkan-salam-kitab-fiqhul-akhlaq-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/